Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)
Vol 6, No 3 (2020): September

Pelatihan pada Kader Kesehatan dan Pembentukan Kelas Kesehatan “Hidup Sehat Dengan Diabetes Mellitus”

Elisabeth Siti Herini (Departemen Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada)
Melina Dian Kusumadewi (Psikolog Klinis Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada)
Yusmiyati Yusmiyati (Ahli Gizi Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada)
Adeta Stefianti Isnoor (Humas Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penyakit tidak menular (PTM) atau dikenal juga sebagai penyakit kronis, yaitu penyakit yang tidak ditularkan dari orang ke orang. Salah satu jenis penyakit tidak menular yang prevalensinya selalu meningkat dari tahun ke tahun adalah Diabetes Mellitus. Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM merupakan salah satu program prioritas pemerintah untuk mencapai kesehatan masyarakat yang lebih baik melalui upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor risiko PTM. Kegiatan edukasi dan konseling di meja 4 Posbindu PTM di Desa Sumbersari belum berjalan dengan optimal. Hal ini dipengaruhi oleh faktor kurangnya pembinaan terhadap kader Posbindu dan belum terbentuk kelas kesehatan sebagai implementasi kegiatan Posbindu kepada masyarakat sasaran. Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengoptimalkan peran kader Posbindu PTM dalam melakukan edukasi dan konseling melalui pelatihan kader dan membentuk kelas kesehatan. Metode kegiatan ini meliputi pengembangan media edukasi, penyelenggaraan pelatihan kader, dan pembentukan kelas kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 80% kader menilai media edukasidapat diterapkan, terdapat peningkatan pengetahuan kader sebelum dan sesudah pelatihan (p = 0.003, sig < 0.05), ada peningkatan ketrampilan kader dalam memberikan edukasi dan konseling, dan pasien mengatakan dapat merasakan manfaat dalam proses edukasi ini. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), with registered number ISSN 2460-9447 (print), ISSN 2541-5883 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by Directorate of Community Services Universitas Gadjah Mada. It is in the national level that ...