Jurnal Pedagogik
Vol 6, No 1 (2020)

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGUNAKAN MEDIA POP UP PADA SISWA KELAS V SD 42 KOTA TERNATE

Irmawati Irwan (Unknown)
Samsu Somadayo (Unknown)
Darmawati Darmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Pelaksannan penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui proses penerapan mengunakan media pop up dan untuk mendeskripsikan hasil keterampilan berbicara setelah di terapkan media pop up. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan media pop up telah berhasil meningktakan keterampian berbicara, dapat dibuktikan pada siklus I mencapai 44,00% kerena siswa belum terbiasa saat berbicara dengan mengunakan media pop up, gugup dan kurang percaya diri saat berbicara di depan kelas. Sedangkan pada siklus II mencapai 80,25%. Hasil observasi aktifitas guru siklus I skor 27 dengan nilai rata-rata 61,36% kuaslifikasi cukup , sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 38 dengan nilai rata-rata 86.36% kualifikasi sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 52,75%, dan pada silus II adalah 82,25%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagigk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pedagogik adalah Jurnal Pendidikan yang Berorientasi pada Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah ...