Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaranIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakanselama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalahtes dan observasi. Hasil dari penelitian ini didapat hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaranIPA mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasanminimal (KKM) pada prasiklus 20%, siklus I 40%, dan siklus II 93%. Selanjutnya aktivitas belajar siswayang mencapai nilai kategori minimal indikator keberhasilan pada siklus I 60% dan siklus II 93%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modelcooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.Kata kunci: pembelajaran IPA, cooperative learning tipe group investigation, hasil belajar, aktivitasbelajar
Copyrights © 2017