Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 4, No 1 (2018)

REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN MEMBATIK

Ghufronudin Ghufronudin (Universitas Sebelas Maret)
Ahmad Zuber (Universitas Sebelas Maret)
Argyo Demartoto (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2018

Abstract

Globalisasi berdampak pada menurunnya kecintaan siswa pada kearifan lokal sehinggasiswa kurang memahami makna eksistensi batik sebagai warisan budaya yang kaya nilai-nilaikebijaksanaan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pendidikan karakterberbasis kearifan lokal melalui pembelajaran membatik di SMA Batik 2 Surakarta. Unit analisispenelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini adalah stakeholders SMA Batik 2 Surakartayang dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancaramendalam dan dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber lalu dianalisis denganmodel interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran membatik di sekolahdapat tercapai keseimbangan hati nurani, supra-ritual, dan intelektualitas siswa berkaitan denganTuhan melalui kandungan nilai falsafah dalam simbol batik. Pembelajaran membatik yang dilakukansecara klasikal melalui teori maupun praktik berdampak positif bagi pembentukan karakter siswasesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal.Kata Kunci: Representasi, Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Batik

Copyrights © 2018