Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 5, No 1 (2020): JANUARI

Studi Kasus Anak Hafal Al-Qur'an Juz 30 Di PAUD IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu

Ana Dewinta (Unknown)
Sri Saparahayuningsih (Universitas Bengkulu)
Indrawati Indrawati (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Setiap anak memiliki keunikan tersendiri dalam kecerdasannya. Kecerdasan unik ini ada pada salah satu anak yang sudah hafal Al-Qur’an juz 30. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi anak yang hafal Al-Qur’an juz 30 di  PAUD IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah anak berusia 6 tahun yang sudah hafal Al-Qur’an juz 30. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus SQY memiliki kecerdasan dengan IQ 115 (diatas rata-rata), orangtua anak memberikan bimbingan dan motivasi untuk menghafal Al-Qur’an, orangtua dan guru menggunakan metode yang sama yaitu metode talaqqi dengan setoran dalam mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an sehingga anak hafal Al-Qur’an juz 30 di usia 6 tahun. Implikasi yang dilakukan orangtua adalah orangtua menjadikan diri sebagai contoh dengan sering membaca Al-Qur’an dan memberikan jadwal untuk mengaji dengan anak setiap selesai sholat magrib dan sholat isya. Oleh karena itu disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang anak yang mampu menghafal Al-Qur’an dilihat dari metode hafalan Al-Qur’an yang diterapkan oleh orangtua dimana ada banyak metode hafalan Al-Qur’an. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...