Journal of Moral and Civic Education
Vol 5 No 1 (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila

Ahmad Fauzan (Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia)
Rispawati Rispawati (Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Indonesia)
M. Salam (Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

This research is conducted in the Democracy of Pancasila Course at Pancasila and Civic Education (PPKn) Department University of Jambi. Students have difficulties in both answering critically when the lecturer asks questions, and criticizing questions from their peers when responding to group discussion questions. This is due to the weak thinking strategies used in the classroom so that the ability to think critically does not meet the expectations. One of the efforts made to overcome this problem is to apply the Think Pair Share (TPS) learning model. This study aims to determine the influence of Think Pair Share (TPS) learning model on students’ critical thinking abilities. This research was Pre-Experimental Design by using the Intact Group Comparison design. The population in this study was all students of the PPKn Department in University of Jambi. The sample in this study were students from class A and class B. Students of class B were used as an experimental class which were taught using the Think Pair Share learning model. Meanwhile, class A students were the control class who learned using conventional learning models. The instrument used in this study was a test instrument. The data collected were analyzed using the T test. Based on the results of the research, it is concluded that the critical thinking abilities of students who were taught using the Think Pair Share learning model in the Democracy of Pancasila Course were higher than students who were taught using conventional learning models. Keywords: Think Pair Share (TPS), critical thinking, mata kuliah Demokrasi Pancasila ABSTRAK Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Jambi. Mahasiswa banyak mengalami kesulitan memberikan jawaban secara kritis ketika dosen bertanya, kemudian pada saat menanggapi pertanyaan-pertanyaan diskusi kelompok, mereka juga sulit untuk mengkritisi pertanyaan dari teman-temannya. Hal ini disebabkan lemahnya strategi berpikir yang digunakan dalam kelas sehingga kemampuan berpikir secara kritis belum sesuai dengan harapan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran TPS terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Exsperimental Design dengan menggunakan desain Intact Group Comparison. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi PPKn Universitas Jambi. Sedangkan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas A dan kelas B. Mahasiswa kelas B digunakan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share, sedangkan mahasiswa kelas A sebagai kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan mengguanakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata kuliah Demokrasi Pancasila menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), berpikir kritis, Democracy of Pancasila Course

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMCE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Moral and Civic Education (JMCE) is a scientific journal published by the Universitas Negeri Padang Social Political Science Department. JMCE publishes articles about moral and civic education, interdisciplinary studies of politics, law sociology, history, and culture that influence moral ...