JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU

Rahmi Nazliah (Universitas Labuhanbatu)
Sakinan Ubudiyah Siregar (Universitas Labuhanbatu)
Siti Zahara Saragih (Universitas Labuhanbatu)
Siti Suharni Simamora (Universitas Labuhanbatu)
Rosmidah Hasibuan (Universitas Labuhanbatu)
Indah Fitria Rahma (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Metode penelitian menggunakan quasi- eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pada kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry, kelas X-5 dibelajarkan dengan model pembelajaran modified free inquiry, dan kelas X-3 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Analysis Covariat dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran terhadap Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan modelguided inquiry (58,14±12,82) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan modelmodified free inquiry (53,30 ± 13,78) dan yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Konvensional (50,09 ± 12,94). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat model pembelajaran yang signifikan guided inquiry antara peserta didik yang diajar dengan model modified free inquiry dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf nyataα = 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...