Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Pangesti, Widya Ayu (Unknown)
Fanani, Achmad (Unknown)
Prastyo, Danang (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Keboananom Sidoarjo, dengan menggunakan teknik cluster sampling yaitu kelas III-B sebagai kelas kontrol dan III-C sebagai kelas kontrol. kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial non parametrik dengan menggunakan SPSS. Hasil homogenitas penelitian diperoleh nilai sig 0,297> 0,05 yang artinya data homogen, uji normalitas pada kelas kontrol sig 0,04 <0,05 dan normalitas kelas eksperimen sig 0,02 <0,05, maka disimpulkan data tidak berdistribusi normal . Hasil uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05 sehingga H_O ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN Keboan Anom Sidoarjo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...