Pengenalan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an salah satu keharusan yang wajib diberikan pada anak usia dini sebagai bagian dari umat muslim. Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam berperan sebagai sumber hukum, dasar dari ilmu pengetahuan dan sebagai tolak ukur dalam pembentukan perilaku anak usia dini. melalui pembelajaran dasar-dasar Al-Qur’an seperti membaca dan menuliskannya anak mengenal nilai-nilai baik yang terkandung didalam Al-Qur’an. Pembentukan karakter religius adalah melalui pembelajaran Al-Qur’an salah satunya mampu membaca dan menuliskannya. Karakter religius dan pribadi yang Qur’ani diperlukan dalam membentuk bangsa yang beradab. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang baik dan seharusnya bagi anak usia dini. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisa sumber data primer dari buku, artikel dan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti terdahulu. Data yang dianalisis relevan dengan penelitian pembelajaran baca tulis Al-Qur’an anak usia dini. hasil temuan dari beberapa referensi menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an anak usia dini.
Copyrights © 2020