Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 11 No. 2 (2020): Lectura: Jurnal Pendidikan

Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah Berbasis Inkuiri berdasarkan Hasil Penelitian Diabetes Mellitus Tipe 2

Dita Purwinda Anggrella (Unknown)
Sri Endah Indriwati (Unknown)
Sri Rahayu Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

Upaya dalam perkembangan IPTEK dalam pendidikan dapat dilakukan salah satunya dengan memfasilitasi mahasiswa dengan bahan ajar berbasis penelitian. Berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa akan bahan ajar pada materi sistem peredaran darah, dibutuhkan bahan ajar berupa modul. Pengembangan modul dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul sistem peredaran darah berbasis inkuiri berdasarkan hasil penelitian diabetes mellitus tipe 2 yang telah teruji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Metode dalam pengembangan modul ini menggunakan Research and Development (R&D) yaitu model pengembangan Branch yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Ilmplementation and Evaluation. Pengumpulan data penelitian berdasarkan penilaian dari valiadator ahli melalui instrumen validasi, dan subjek uji coba penelitian yaitu mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang yang terdiri dari 9 mahasiswa dalam uji coba kelompok kecil dan 23 mahasiswa dalam uji coba kelompok besar melalui instrumen angket. Instrument hasil dari penelitian kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas materi diperoleh persentase sebesar 90,2%, hasil validasi pengembangan bahan ajar untuk mahasiswa diperoleh persentase 94,75%, dan 94% untuk modul pegangan dosen, persentase untuk praktisi pembelajaran sebesar 96,6%. Persentase uji coba kelompok kecil yang digunakan di lapangan sebesar 87,04% dan 98,67% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, pengembangan bahan ajar, dan praktisi lapangan maka dapat disimpulkan modul yang dikembangkan sebagai sumber belajar mahasiswa sangat valid dan sangat layak digunakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...