Proses pembelajaran yang belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif, guru masih kesulitan dalam mengajarkan matematika, dan guru masih mendominasi proses pembelajaran dengan menerapkan metode ceramah. Sehingga siswa cenderung pasif, tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut dibuktikan dari hasil prasiklus yang memperoleh 57,79 dengan kategori perlu bimbingan pada kemampuan pemahaman konsep matematis. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Perancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Jekulo dengan subjek penelitian 29 siswa. Peneliti melaksanakan 2 siklus masing–masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis dataang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: dengan menerapkan model pembelajaran teams game tournament berbantuan roda bangun datar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman kosep matematis siswa. Model pembelajaran TGT berbantuan roda bangun datar dapat melibatkan siswa secara aktif mengikuti pembelajaran, menuntut siswa untuk berpikir secara kritis, menyampaikan pendapatnya, menggali pengetahuan yang dimiliki dan dapat belajar sambil bermain sehingga pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa
Copyrights © 2020