Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

P Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Circ Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Arum Marfungah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Puji Nugraheni (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Dita Yuzianah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Cooperative Script memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada model pembelajaran CIRC pada siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas VII SMP N 2 Kepil Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian 2 kelas, yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Cooperative Script dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran CIRC. Hasil penelitian dengan = 5% diperoleh nilai Fab = 15,52 dengan DK = {F | F > 4,08} maka Fab DK sehingga H0AB ditolak, artinya terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Karena H0AB ditolak maka dilanjutkan dengan uji komparasi ganda, diperoleh nilai rata-rata siswa dengan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD adalah 66,42 dan nilai rata-rata siswa dengan model pembelajaran CIRC pada siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD adalah 71,84. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada model pembelajaran Cooperative Script pada siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...