Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 5, No 2 (2020)

Urgensi Interpersonal Skill Untuk Siswa Terisolir Berdasarkan Assessment Sosiometri

Noneng Siti Rosidah (Unknown)
Reni Sinta Dewi (Unknown)
Putri Ria angelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Analisis sosiometri merupakan salah satu teknik BK non tes yang digunakan untuk menganalisis hubungan sosial individu dalam kelompoknya. Melalui analisis sosiometri didapatkan informasi siswa yang terisolir dalam kelompoknya, sehingga penting bagi mereka untuk menumbuhkan interpersonal skill melalui layanan bimbingan dan konseling supaya siswa tersebut lebih mampu mengenal dan mengelola pola komunikasi dengan lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumentasi sosiometri berupa angket. Adapun hasil analisis sosiometri di kelas IX SMP Negeri 1 Sukajaya menunjukan bahwa terdapat 5 siswa yang masuk pada kategori terisolir karena sama sekali tidak mendapatkan arah pilih siswa. Pengembangan interpersonal skill siswa dapat diupayakan melalui program layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial. Salah satunya adalah mengikuti kegiatan intra dan ekstra kulikuler yang telah disediakan oleh sekolah. Lebih lanjut pada waktu tertentu mereka perlu dilatih untuk dijadikan pemimpin dalam kelompoknya, sehingga ia memiliki tanggung jawab penuh atas kendali kelompok dan ia dapat merasakan memiliki peran penting bagi orang lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...