Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 4 No 2 (2020): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Nita Kusuma (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Abdul Mujib (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Edi Syahputra (Unknown)
Suwarno Ariswoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan perangkat dengan menggunakan model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu: Define(Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Pelita Aek Kanopan terdiri dari 2 kelas dengan klaster sampling terpilih kelas VIII-A. Teknik analisis data dilakukan analisis soal tes kemampuan representasi siswa. Hasil validitas semua perangkat yang di kembangkan masuk dalam kategori baik yang tercermin dari nilai rata-rata validator silabus 4,1, RPP 4,11 Buku Siswa 4,12, LKS 4,10 dan Tes Kemampuan Representasi Matematis 4,08. Pengelolaan pembelajaran menunjukkan 4,49 kategori baik dan respon siswa positif. Hasil uji coba di peroleh pembelajaran efektif dengan nilai rata – rata kemampuan representasi matematis 76,71. Keaktifan siswa dalam kemampuan representasi matematis sebesar 81,4 % . Rata-rata kemampuan representasi matematis kelas VIII-A 76,71. Dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dengan model kooperatifuntuk meningkatkan kemampuan representasai matematis siswa adalah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif , Tipe Think Talk Write, Kemampuan Representasi Matematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...