Jurnal Pendidikan
Vol 18 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan

Peran dari Strategi Implementasi Learning The Needed Skill dalam Trait and Faktor untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Kurun

Oktamia Karuniaty Sangalang (Unknown)
Mimi Suriatie (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan layanankonseling menggunakan Learning The Needed Skill Dalam Trait AndFaktor Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMPN 5 Kurun.Metode penelitian menggunakan metode penelitiankualitatif, yakni penulis dalam mengumpulkan data secara langsungdari lapangan kemudian menafsirkan dan menyimpulkan dari datayang ada dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara danobservasi. Keabsahan data dilakukan triangulasi data yaitumembandingkan dan mengecek baik derajat kepercayaan informasiyang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda untukmengetahui adanya alasan terjadinya perbedaan tersebut. Analisisdata menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data,penyajian data dan kesimpulan.Berdasarkan analisis datadisimpulkan setelah beberapa kali diadakan layanan konselingmenggunakan Learning The Needed Skill dalam Trait And Faktor,siswa menunjukkan perubahan, yaitu 4 (empat) siswa memahamikemampuan intelektual yang ada di dirinya sehingga berkembangdengan baik, membagi waktu belajar dan bermain dengan baik, siswamemahami pelajaran yang disampaikan guru.Peneliti menyatakan di akhir penelitian, siswa awalnyamengalami kesulitan belajar, kini ke empat siswa tersebut dapatmemahami pelajaran dengan baik, ditunjukkan penurunan indikatorkesulitan belajar siswa sangat baik, sehingga layanan konselingdengan menggunakan Learning The Needed Skill Dalam Trait AndFaktor berhasil karena siswa dinyatakan telah berubah dan terbiasadalam memahami pelajaran dengan baik

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan sejak bulan Juni 2000 dengan ISSN 1411-481X oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR). Jurnal Pendidikan diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal Pendidikan berisi artikel-artikel hasil ...