penelitian ini membahas tentang kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah lingkaran kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Ledong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dapat diakses oleh siswa dalam menyelesaikan lingkaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Aek Ledong Kabupaten Asahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 23 subjek. Teknik data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 3 soal uraian.Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa kemampuan penalaran pada kategori tinggi sebanyak 17,4%, pada kategori sedang terdapat 12 siswa sebanyak 52,2%, sedangkan pada kategori rendah terdapat 7 siswa sebanyak 7 siswa. sebagai 30,4%. Dari analisis data, diperoleh nilai rata-rata ketercapaian kemampuan penalaran siswa adalah 49%. Sehingga dapat disingkapkan bahwa kemampuan penalaran siswa SMP Negeri 2 Aek Ledong berada pada kategori sedang.
Copyrights © 2021