Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi marketing mix melalui community based pada agro-tourism (CBAT) di Gianyar, Bali, Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Data kuesioner yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa CBAT yang ada di Gianyar berada pada sel II dari matriks IE (growth strategy) dengan pengembangan produk melalui diferensiasi atau inovasi dengan strategi alternatif yang bisa dilakukan adalah memperluas pasar, menambah keragaman produk, meningkatkan pelayanan, penetapan harga, meningkatkan promosi dan memperbaiki kualitas SDM. Beberapa saran dapat diberikan untuk perbaikan usaha ke depannya yaitu menambahkan atraksi seperti cooking class, memanfaatkan e-commerce (media sosial, web) untuk promosi, menjalin kerjsama dengan biro perjalanan yang ada, mengikutsertakan karyawan pada pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pemerintah/lembaga pendidikan, membuat paket-paket untuk liburan sekolah, dan memberikan service yang lebih memuaskan kepada tour guide seperti memberikan fee guide.
Copyrights © 2020