Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

Strategi Marketing Mix Melalui Community Based pada Agro-tourism di Gianyar Bali

Ni Made Sudarmini (Tourism Department, Politeknik Negeri Bali)
Ni Made Rai Sukmawati (Politeknik Negeri Bali)
Ni Wayan Sukartini (Politeknik Negeri Bali)
Ni Putu Somawati (Politeknik Negeri Bali)
Nyoman Indah Kusuma Dewi (Politeknik Negeri Bali)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi marketing mix melalui community based pada agro-tourism (CBAT) di Gianyar, Bali, Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Data kuesioner yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa CBAT yang ada di Gianyar berada pada sel II dari matriks IE (growth strategy) dengan pengembangan produk melalui diferensiasi atau inovasi dengan strategi alternatif yang bisa dilakukan adalah memperluas pasar, menambah keragaman produk, meningkatkan pelayanan, penetapan harga, meningkatkan promosi dan memperbaiki kualitas SDM. Beberapa saran dapat diberikan untuk perbaikan usaha ke depannya yaitu menambahkan atraksi seperti cooking class, memanfaatkan e-commerce (media sosial, web) untuk promosi, menjalin kerjsama dengan biro perjalanan yang ada, mengikutsertakan karyawan pada pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pemerintah/lembaga pendidikan, membuat paket-paket untuk liburan sekolah, dan memberikan service yang lebih memuaskan kepada tour guide seperti memberikan fee guide.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and ...