Jurnal Ilmiah Inovasi
Vol 20 No 2 (2020): Agustus

Analisis Posisi Daya Saing Ayam Komoditas Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) berdasarkan Harga di Kabupaten Jember (Studi Empiris di UD Surya Ungga Jaya) Analysis of Competitiveness Ayam Kampung Unggul Balitnak KUB based on Price in Jember Regency (UD Surya Unggas Jaya’s case study)

Estin Roso Pristiwaningsih (Politeknik Negeri Jember)
Ujang Suryadi (Politeknik Negeri Jember)
Muksin Muksin (Politeknik Negeri Jember)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis daya bersaing ayam KUB dan keberadaan ayam KUB berdasarkan harga ditingkat peternak dibandingkan dengan ayam joper, arab, broiler, dan ras petelur. Responden yang digunakan adalah sentral usaha ayam KUB yaitu UD Surya Ungas Jaya serta peternak yang tersebar di dua puluh kecamatan Kabupaten Jember. Metode yang digunakan yaitu survei dengan sampling yang diambil menggunakan teknik snowball sampling. Analisis data untuk mengetahui posisi ayam KUB dibandingkan dengan ayam joper, arab, broiler, dan ras petelur menggunakan Multi Dimensional Scaling (MDS) berdasarkan harga. Hasil analisis menunjukkan komoditas yang memiliki harga ayam KUB yang dilihat dari sisi harga adalah ayam joper. Peta positioning menunjukkan joker memiliki posisi terdekat dengan ayam KUB.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The Journal contains the original article of the research related to the problem areas of Agricultural Production, Animal Production, Agribusiness Management, and Agricultural Technology. ...