Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Mukhni Mukhni (Universitas Negeri Padang)
Mirna Mirna (Universitas Negeri Padang)
Khairani Khairani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2020

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak. Pembelajaran matematika membutuhkan media agar konsep matematika dapat teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi lebih konkret bagi peserta didik. Namun, beberapa guru matematika tidak menggunakan media dalam pembelajaran, terutama media yang berbasiskan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru matematika menggunakan perangkat teknologi informasi sebagai media pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Sampel penelitian adalah 35 guru matematika SMA di kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82% guru matematika di Padang Pariaman belum memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran matematika di kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...