JIPIS
Vol 29 No 2: Oktober 2020

META ANALISIS PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN MEDIA VISUAL BERBENTUK PAPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Erlin Keryna Ikinti Putri (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Dewi Widiana Rahayu (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Muhammad Thamrin Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan penerapan media visual berbentuk papan terhadap hasil belajar siswa sd berdasarkan tinjauan dari penelitian yang sejenis. Metode penelitian yang digunakan berupa metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan topik penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal online (google scholar), artikel, dan jurnal yang sejenis dengan topik penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelusuran data diperoleh lebih dari 40 artikel kemudian diambil 10 artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media visual berbentuk papan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebelum diterapkannya media visual berbentuk papan 52,71 meningkat sebesar 30,16 menjadi 82,87.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

JIPIS diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan P-ISSN 0216-2830 dan E-ISSN 2686-0147. JIPIS terbit dua kali setiap tahun, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. JIPIS menerima artikel berbahasa Indonesia atau Inggris yang berupa ...