GeoEco
Vol 2, No 1 (2016): GeoEco Januari 2016

APLIKASIFLASH MACROMEDIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG HIDROSFER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Agustina Ridhowati (S2 FKIP UNS)
Sigit Santosa (FKIP UNS)
Chatarina Muryani (FKIP UNS)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2016

Abstract

Tujuan penulisan tesis yaitu: 1). Mengetahui karakteristik media pembelajaran flash macromedia berbasis problem based learning yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, 2). Mengetahui kelayakan media pembelajaran flash macromedia berbasis problem based learning yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, 3). Mengetahui efektivitas media pembelajaran flash macromedia berbasis problem based learning yang dikembangkan di SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini yaitu reseach and development (R&D). Tahapan R&Dyang digunakan yaitu R&D versi 3-D (Define, Design, Develop).Desain eksperimen yang digunakan quasi eksperimental design dengan metode non-equivalent control group design. Subyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, dokumentasi dan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan 1). Karakteristik flash macromedia secara teknis yaitu media yang animatif interaktif sedangkan karakteristik flash macromedia dari segi materi dikemas dalam bentuk permasalahan lingkungan, pengetahuan tambahan dan kegiatan eksperimen.2). Hasil validasi flash macromedia dari tim ahli tahap pertama diperoleh rata-rata klasikal sebesar 70,17% dan termasik dalam kriteria layak. Pada tahap kedua diperoleh rata-rata klasikal sebesar 83,57% dan termasuk dalam kriteria sangat layak. Siswa kelas ujicoba juga memberikan tanggapan positif dengan persentase 73,6% yang termasuk dalam kriteria layak. 3). Perhitungan efektivitas dengan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung= 2,17 >ttabel = 1, 67yang berartiHa diterima atau terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan antara kelompok yang diajar menggunakan flash macromedia berbasis problem based learning dengan kelompok yang diajar tanpa menggunakan flash macromedia berbasis problem based learning pada materi pokok hidrosferdi SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Flash Macromedia berbasis Problem Based Learning, Pengetahuan, Hidrosfer

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

geoeco

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GeoEco Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, society ...