JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Nonformal

ANALISIS PENERAPAN SISTEM KLASIFIKASI DDC DALAM PENGOLAHAN PUSTAKA

Syahdan Syahdan (Unknown)
Madinatul Munawwarah Ridwan (Unknown)
Ismaya Ismaya (Unknown)
Andi Muhammad Aminullah (Unknown)
Elihami Elihami (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu organisasi yang memberikan jasa penyedia informasi bagi semua orang yang membutuhkan dalam hal ini pemustaka Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan managerial, yuridis dan pedagodik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari pustakawan, bendahara dan sumber data sekunder yang diperoleh dari referensi, baik berupa majalah, jurnal, artikel dan berbagai hasil penelitian yang relevan. Instrumen penelitian ini menggunakan panduan pedoman wawancara, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem klasifikasi DDC yang digunakan di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap adalah sistem klasifikasi ringkasan DDC cetak. Langkah yang dilakukan pustakawan dalam mengklasifikasi bahan pustaka sama yang menggunakan DDC tercetak yaitu:(1) Menentukan subjek dari judul, kata pengantar, dan disiplin ilmu dari bahan pustaka, (2) menentukan notasi dari judul atau kata pengantar dari setiap bahan pustaka. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam analisis penerapan sistem klasifikasi DDC di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap yakni terkendala dari segi jumlah pustakawan, dan kebutuhan perangkat dalam pengolahan bahan pustaka. Implikasi penerapan dalam mengklasifikasi bahan pustaka di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap yaitu memudahkan mengetahui kekurangan bahan pustaka di rak dan kerapihan bahan pustaka. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Petugas pengelola harus menggunakan sistem klasifikasi edisi yang terbaru. 2) Menambah jumlah tenaga pustakawan untuk pengolahan. 3) Memberika fasilitas kebutuhan perangkat untuk pengolahan. 4) Pengelola perpustakaan sebaiknya terus menjalin komunikasi yang baik dengan kepala sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...