JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Edukasi Nonformal

PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMBELAJARAN FIQH DI PESANTREN MELALUI KONSEP PENDIDIKAN NONFORMAL

Ushwa Dwi Masrurah Arifin Bando (Unknown)
Elihami Elihami (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini, 1) untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Fiqh di Pesantren Darul Falah Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang, 2) Untuk Mengetahui Hasil Penerapan Metode Demonstrasi di Pesantren Darul Falah Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang, 3) Untuk Mengetahui Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Darul Falah Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Penelitian eksperimen semu dengan nonequivalentgroups pretest-posttest design ini mengandung satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah Metode Demonstrasi sedangkan variabel terikat adalah Pembelajaran Fiqh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Pesantren Darul Falah Kecamatan. Jumlah jenjang sekolah yang ada mata pelajaran fiqh adalah hanya Pesantren dengan jumlah seluruh peserta didik sebanyak 172 orang yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dipilih dengan tekhnik purposive sampling, sehingga didapat tiga kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan metode demonstrasi, dan kelompok kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran fiqh yang tidak menggunakan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi. Teknik angket digunakan untuk mengetahui penilaian pembelajaran fiqh. Teknik observasi digunakan untuk mengungkap pembelajaran fiqh. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analysis of Variance (ANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini adalah Metode Demonstrasi secara signifkan berpengaruh Baik terhadap pembelajaran fiqh peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran fiqh yang tidak menggunakan metode demonstrasi diperoleh p < α yaitu p = 0,000 < α = 0,05 dengan F = 27,890

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...