Buletin KKN Pendidikan
Vol. 2, No. 1, Juli 2020

Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar

Koesoemo Ratih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ratnasari Dyah Utami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Djalal Fuadi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Mulyasih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dinar Febriani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sampdoria Fajar Asmara (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Diana Riza Aprilianti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Arum Wahyu Rianti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dewi Santiana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Heni Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Livya Mora Adlina (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Bastian Rosyidi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Taufik Hidayat (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2020

Abstract

Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan dan memberikan penguatanĀ  kepedulian guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih Karanganyar terhadap lingkungan sosial-budaya sekolah dalam pendidikan etika dan karakter di era komunikasi global sekarang ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan guru dan siswa berjumlah 34 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih yang diawali dengan pengamatan terlibat aktif, wawancara mendalam secara langsung dilanjutkan dengan teknik Partisipatory Rural Appraisal kepada guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan etika dan karakter peduli lingkungan siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih lebih menanggapi akan pentingnya lingkungan yang bersih, serta siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih telah dapat memanfaatkan botol-botol bekas sebagai pot bunga dan lebih bertanggung jawab atas sampah yang ada di lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah di sediakan oleh tim KKN-Dik maka dengan diadakannya pengabdian masyarakt pendidikan ini dapat mengetahui bahwa dengan diadakannya pendidikan etika dan karekter peduli lingkungan ini dapat menumbuhkan etika dan karakter siswa dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan yang bersih, rapi, indah, dan nyaman. Oleh sebab itu, guru dan siswa perlu didorong secara berkala dan berkelanjutan dalam pendidikan etika dan karakter yang berbasis pada potensi lingkungan sosial-budaya sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...