Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 1 (2021): BUDIMAS : VOL. 03 NO. 01, 2021

PELATIHAN PENGAYAAN MANAJEMEN PELAYANAN KSPPS BMT BUM KOTA TEGAL

Setyowati Subroto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal)
Agnes Dwita Susilawati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal)
Catur Wahyudi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal)
Mei Rani Amalia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal)
Ira Maya Hapsari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Tujuan pelatihan pengayaan manajemen pelayanan ini adalah untuk memberikan pengenalan manajemen operasional khususnya manajemen pelayanan karyawan terhadap nasabah KSPPSS BMT BUM Kota Tegal. Pelatihan manajemen ini di harapkan mampu meningkatkan kompetensi kinerja karyawan dari tingkat atasan maupun tingkat bawahan terutama dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen operasional pelayanan khususnya terhadap nasabah. Metode kegiatan ini berupa pelatihan dan pengenalan konsep manajemen terutama dalam hal manajemen pelayanan terhadap nasabah dalam hal bagaimana berkomunikasi yang baik dan membangun karakter sumber daya manusia yang baik menuju keunggulan yang kompetitif dan bersaing. Karyawan KSPPSS BMT BUM khususnya unit customer service dan teller diberi pemahaman tentang fungsi-fungsi manajemen dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan yang baik terhadap nasabah agar jumlah nasabah semakin menimgkat dan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode tatap muka dengan jumlah karyawan terbatas dikarenakan masih dalam kondisi pandemic covid 19 dan juga menerapkan protokol kesehatan. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan ceramah dan tanya jawab tentang konsep-konsep fungsi manajemen khususnya bagaimana membangun karakter sumber daya manusia, memberikan pelayanan yang prima dan berkomunikasi yang efektif baik kepada nasabah dan juga terhadap antar karyawan baik tingkat atasan maupun bawahan. Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Peserta sangat antusias mendiskusikan segala permasalahan terumata pelayanan dan komunikasi dengan nasabah yang dihadapi di KSPPSS BMT BUM Kota Tegal. Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, Sumber Daya Manusia dan Komunikasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...