Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol 2, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

Memaksimalkan Metode Pembelajaran Secara Daring Ditengah Wabah Covid-19

Taufiq Rahman Ilyas (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Alvin Nur Chahya Rahman (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Riska Aisyah Putri (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Rofiatul Maghfiroh (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Riski Nanda Aldino (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Rulita Risfatma Putri (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Roudhotul Angelika Wibowo (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Lina Kusumawati (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Chillatus Syarifah (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Devi Permana (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)
Sukma Faradiba (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Pendidikan sangatlah penting untuk menunjang generasi bangsa yang berkualitas dan unggul. Oleh sebab itu pendidikan harus tetap dilaksanakan walaupun dalam  keadaan yang bagaimanapun, dalam hal ini pemerintah mewajibkan para anak bangsa untuk menempuh pendidikan selama 12 tahun. Dengan adanya virus Covid 19 ini sistem pendidikan yang biasa dilakukan secara normal menjadi terganggu atau terpaksa diberhentikan guna memutus tali persebaran Covid 19. Melihat hal tersebut semakin menurunya kualitas pendidikan di Indonesia maka dari itu metode pendidikan harus tetap dilakukan walupun tidak dengan keadaan normal atau tatap muka. Maka dari itu menteri pendidikan memberikan penyelesaian atas masalah tersebut dengan memunculkan metode baru yang biasa disebut dengan “metode daring”. Metode daring adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi seperti goolel meet, zoom dst. Dengan adanya metode daring tersebut maka proses pemebelajaran tetap terlaksanan tanpa adanya kereaguan tertular virus Covid 19 . Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak  mampu dalam melaksanakan metode tersebut dikarenakan biaya kuota yang besar atau tidak memiliki media elektronik, sehingga bisa disimpulkan bahwa metode daring tersebut belum sepenuhnya berjalan secara maksimal pada masyarakat desa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...