SASINDO
Vol 8, No 2 (2020): Sasindo

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BAHASA IKLAN INSTAGRAM IKILHO COMPANY INDONESIA

Nanik Setyawati (Universitas PGRI Semarang)
Eva Ardiana Indrariani (Universitas PGRI Semarang)
Siswanto Siswanto (Universitas PGRI Semarang)
Latif Anshori Kurniawan (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bentuk bahasa iklan Ikilho Company Indonesia dalam media sosial Instagram. Berdasarkan hasil penelitian strategi komunikasi dalam bahasa iklan instagram Ikilho Company Indonesia dapat disimpulkan sebagai berikut. Wujud pilihan variasi tunggal bahasa ditemukan dalam tuturan iklan instagram Ikilho Company Indonesia, yang terjadi ketika pada sebuah peristiwa tutur tersebut menggunakan satu bahasa saja dan tidak diselipi oleh bahasa daerah lain ataupun dialek. Selain itu, terdapat pula wujud alih kode dan campur kode dalam Iklan Instagram. Wujud alih kode dapat terjadi ketika dalam sebuah tuturan ada perubahan bahasa. Wujud campur kode terjadi ketika dalam sebuah tuturan diselipi oleh bahasa ataupun dialek dari bahasa daerah lain. Pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan instagram dipengaruhi oleh beberapa faktor sosial. Faktor-faktor tersebut antara lain ialah; (1) situasi tutur dan (2) penutur.

Copyrights © 2020