BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 2 (2021)

PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU

Erik Santoso (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka)
Nia Kania (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka)
Iik Nurhikmayati (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka)
M. Gilar Jatisunda (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka)
Vici Suciawati (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka)
Sudianto (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dapat dilakukan oleh guru dalam memperbaiki proses pembelajaran di kelas. PTK sebagai bentuk pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerjanya. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan terstruktur yang dilakukan secara virtual zoom meeting. Jumlah seluruh peserta yang mendaftar sebanyak 143 orang. Hasil dari pelatihan menunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta pelatihan dalam memahami PTK dengan baik. Hasil lain juga menunjukan bahwa melalui kegiatan pelatihan pemahaman peserta pelatihan mengenai PTK menjadi lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...