'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab
Vol 10, No 1: JUNI 2021

Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mind Mapping

Berti Arsyad (Bahasa dan Sastra Arab Universitas Muhammadiyah Gorontalo)
Suharia Sarif (Unknown)
Sitti Khasriani (MAN 1 Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi Siswa dan Guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Gorontalo terhadap buku ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 dan persepsi Siswa dan Guru Madrasah Tsanawiyah terhadap bahan ajar bahasa arab berbasis mind mapping. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif, dengan sumber data diperoleh dari hasil kuisioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Guru mata pelajaran dan siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gorontalo meniali bahwa bahan ajar bahasa arab dalam hal ini buku bahasa arab kurikulum 2013 sudah baik dan tepat digunakan, hal ini dibuktikan dengan hasil persentase mencapai 80%. (2) Persepsi Guru mata pelajaran bahasa Arab dan Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gorontalo terhadap bahan ajar bahasa Arab berbasis mind mapping sangat baik, dan sangat tepat digunakan dalam mendukung bahan ajar yang ada, dengan dibuktikan hasil persentase penilaian siswa 90% dengan kualifikasi “sangat baik”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AJamiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

'A Jamiy: Arabic Language and Literature Journal (p-issn: 2252-9926 and e-issn: 2657-2206) is a scientific journal that has published scientific papers since 2012. This journal is a Linguistics and Literature journal that is published twice a year in June and September by the Arabic Literature Study ...