Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan
Vol 2, No 2 (2020)

Efektivitas konseling realitas untuk meningkatkan perilaku moral siswa

Septi Nirmala (Universitas Negeri Malang)
Triyono Triyono (Universitas Negeri Malang)
Arbin Janu Setiyowati (Universitas Negeri Malang)
Eko Pramudya Laksana (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2020

Abstract

Krisis moral tidak dapat dianggap sebagai sesuatu yang sepele karena tindakan tersebut menjurus pada tindakan kriminal. Menyikapi krisis moral yang cukup marak di lingkungan siswa akhir-akhir ini, maka dibutuhkan suatu intervensi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas konseling realitas untuk meningkatkan perilaku moral siswa sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one grup prestest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan statistic descriptive uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa setelah subjek diberi perlakuan berupa konseling realitas, terdapat peningkatan skor perilaku moral siswa pada ranah: (1) disiplin, (2) mengendalikan diri, (3) sopan santun, dan (4) kejujuran, hal ini berarti konseling realitas efektif untuk meningkatkan perilaku moral siswa. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Psikologi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Pascasarjana Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, memuat artikel hasil penelitian empiris yang terkait dengan bidang ilmu Psikologi, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi ...