Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 2 (2020)

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DI KELAS IVB SDN 36 KENDARI

Maharani, Sri (Unknown)
Hamid, Rimba (Unknown)
Rende, Ali Mulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep  siswa tentang gaya dan gerak di kelas IVb  SDN 36 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data yang digunakan data kualitatif dan data kuantitatif  dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 kelas IVb  SDN 36 Kendari, dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II, dengan persentase ketuntasan 59,1% dengan rata-rata 62,40 pada siklus II meningkat menjadi 77,27% dengan rata-rata 72,5 pada siklus II. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang gaya dan gerak  di kelas IVb  SDN 36 Kendari.Kata Kunci: model guided discovery; pemahaman konsep; gaya dan gerak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...