Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur
Vol. 9 No. 1 (2021): Vol. 9, No. 1, April 2021

DESAIN PERMAINAN PAPAN UNTUK MENGENAL RUMAH DAN PAKAIAN ADAT PADA ANAK PRASEKOLAH

Andi Ramlan (Unknown)
Hamdan Bahalwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan yang luar biasa, mulai dari jumlah penduduk, sumber daya alam, hingga kebudayaan dan adat istiadat. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya masing-masing mulai dari rumah adat, pakaian adat, upacara adat, alat musik, dll. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, banyak kebudayaan-kebudayaan yang berangsur-angsur tergusur oleh perkembangan zaman, oleh sebab itu, pentingnya menanamkan kepada diri kita untuk cinta tanah air dan mencintai dengan sepenuh hati warisan budaya Indonesia yang perlu kita tanamkan sejak dini agar menjadi karakter anak bangsa yang nasionalisme. Untuk itu, anak-anak perlu dibekali wawasan tentang kekayaan kebudayaan Indonesia sejak usia prasekolah. Studi literatur dan observasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam perancangan permainan papan ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desain dan analisis SWOT. Perancangan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia sejak dini dan menanamkan sikap kepedulian cinta tanah air. Hasil akhir dari perancangan ini berupa permainan papan sebagai media pengenalan budaya Indonesia pada anak prasekolah. Kata kunci: anak prasekolah, budaya Indonesia, permainan papan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu desain produk industri, arsitektur dan ilmu ilmu umum yang mendukung disiplin tersebut. Diterbitkan secara berkala 6 bulanan, tiap bulan April dan ...