Physical Activity Journal (PAJU)
Vol 2 No 2 (2021): Physical Activity Journal (PAJU)

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jauh

I Komang Adi Palgunadi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Putu Citra Permana Dewi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Kadek Dian Vanagosi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Made Bagia (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Gaya lompatan dalam pembelajaran lompat jauh masing-masing memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda untuk dipelajari. Faktor kognitif siswa memberikan kontribusi dalam memahami teknik berlari, menolak dan mendarat dalam lompat jauh. Observasi awal yang dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 1 Sawan belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Permasalahan yang terjadi proses pembelajaran masih individu dan waktu koreksi dari guru yang minim. Sehingga perlu model pembelajaran yang menempatkan siswa dengan kemampuan berbeda-beda dalam kelompok belajar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar lompat jauh pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2019/2020 dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian 37 siswa, terdiri dari 16 siswa putra dan 21 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar lompat jauh secara klasikal 89,18%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar lompat jauh secara klasikal 94,59%. Kesimpulan penelitian bahwa hasil belajar teknik dasar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2019/2020

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

paju

Publisher

Subject

Education

Description

Physical Activity Journal biannually publishes research on various aspects of the physical education, sports and exercise sciences, biomechanics, physiology, psychology, sports medicine, sports nutrition, health, as well as coaching and talent identification. The Journal focuses on the human ...