FOUNDASIA
Vol 12, No 1 (2021)

Pelatihan pengembangan pembelajaran berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru sekolah dasar

Woro Sri Hastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Pratiwi Pujiastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Vinta Angela Tiarani (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ikhlasul Ardi Nugroho (Universitas Negeri Yogyakarta)
Herwin Herwin (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2021

Abstract

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran berbasis HOTS. Kegiatan dilakukan dalam bentuk lokakarya secara daring dengan dua bagian kegiatan, teori dan praktik. Materi yang disampaikan adalah pemahaman tentang pentingnya mengembangkan HOTS bagi peserta didik untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar, strategi penyusunan pembelajaran berorientasi HOTS, metode-metode pembelajaran berbasis HOTS, dan penilaian pembelajaran berbasis HOTS. Kegiatan praktik dilakukan dengan menyusun pembelajaran berorientasi HOTS berdasarkan baseline kemampuan peserta didik untuk masing-masing sekolah dasar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta telah memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran yang berbasis HOTS. Berdasarkan temuan dari produk peserta, salah satu keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah keterampilan mengembangkan pertanyaan produktif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...