JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 17, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Khusus

Kendala mahasiswa dalam identifikasi dan asesmen anak dengan gangguan emosi dan perilaku selama pandemi COVID-19

Wening Prabawati (Universitas Negeri Yogyakarta)
Aini Mahabbati (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Identifikasi dan asesmen anak dengan gangguan emosi dan perilaku atau emotional and behavior disorders (EBD) merupakan tahapan awal dalam menentukan layanan pendidikan yang sesuai bagi anak dengan EBD. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui apakah mehasiswa mengalami kendala selama melakukan identifikasi dan asesmen anak dengan EBD selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yakni penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yakni delapan orang mahasiswa semester enam. Teknik pengumpulan data yakni obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kendala selama mengumpulkan data-data yang digunakan untuk identifikasi dan asesmen pada anak dengan EBD selama pembelajaran daring. Kendala yang dialami mahasiswa yakni kesulitan dalam menghubungi sumber seperti guru dan orang tua, tidak bisa bertemu dengan anak secara langsung, data yang diperoleh terbatas. Kesimpulan penelitian yakni adanya kendala yang dialami mahasiswa sehingga menghambat mahasiswa dalam melakukan identifikasi dan asesmen pada anak dengan EBD selama pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...