JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Vol 7, No 107 (2021)

PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KELURAHAN KAROMBASAN UTARA KECAMATAN WANEA KOTA MANADO

SUOTH, RANNY JUNITA (Unknown)
TULUSAN, FEMMY (Unknown)
LONDA, VERY (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu menjelaskan atau mendeskripsikan pelayanan publik yangdilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Karombasan Utara Kecamatan Wanea Kota ManadoDesain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pemilihan desaian kualitatif disesuaikandengan tujuan penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode yang umumnyadigunakan pada pendekatan kualitatif dimana peneliti sendiri sebagai instrumen dalam penelitiandengan menggunakan Pedoman wawancara terbuka, Observasi langsung kelokasi penelitian danPenggunaan dokumen yang berhubungan langsung dengan dokumen – dokumen yang ada kaitannyadengan pelayanan publik. . Adapun informan yang diwawancarai berjumlah 7 orang penentuaninforman didasari atas pertimbangan informasi, yaitu informan yang dianggap memadahiHasil Penelitian menunjukkan Pelayanan administrasi kepada masyarakat masih bersifat manualmelalui penggunaan tenaga pegawai yang diperhadapkan pada keterbatasan fasilitas dan kekuranganpegawai.Pelayanan jasa kepada masyarakat yang terwujud dalam pelayanan kebersihan serta keamanan danketertiban berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Akan tetapi pelayanan jasa kebersihan(pengangkutan sampah), keamanan dan ketertiban masih diperhadapkan dengan keterbatasan fasilitasdan anggaran untuk operasional dan perbaikan fasilitas kerja.Kata Kunci :Pelayanan Publik, Pemerintahan, Kelurahan

Copyrights © 2021