Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2021)

Pelatihan Jarimatika Bagi Guru Di Sd Negeri 2 Indralaya Utara

Puji Ayurachmawati (Universitas PGRI Palembang)
Sunedi Sunedi (Universitas PGRI Palembang)
Marvinda Rizki Dita Dirgantara (Universitas PGRI Palembang)
Sylvia Lara Syaflin (Universitas PGRI Palembang)
Miftha Indasari (Universitas PGRI Palembang)
Adrianus Dedi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Pelajaran matematika merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa sebelum mempelajari mata pelajaran sains. Masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika hal ini dapat dilihat dari hasil belajarnya serta sikapnya dalam mengikuti pembelajaran. Sebenarnya tidak demikian, apa bila guru dalam tugasnya memiliki keterampilan dan kemampuan yang dapat menarik minat siswa dalam belajar terutama behitung kali, bagi, tambah dan kurang. Metode jarimatika sangat baik digunakan guru karena jarimatika dapat memudahkan siswa dalam berhitung baik dari angka satuan, puluhan hingga ratusan dengan menggunakan jari tangan. Metode pada pelatihan ini menggunakan metode ceramah, workshop, dan Tanya jawab dimana angket digunakan sebagai nilai ukur ketercapaian kegiatan. Hasil pelatihan menunjukan bahwa metode jarimatika dapat dijadikan alternative pembelajaran bagi guru SD kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan berhitung kali, bagi, tambah dan kurang. Selama kegiatan semua guru aktif dalam pelatihan serta kemampuan guru dalam penggunaan metode jarimatika sangat baik. Terlihat pada angket yang diberikan bahwa didapat  hasil 88% guru memamhami metode jarimatika bahkan melebih 85% dari target yang diharapakan. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...