Biocelebes
Vol. 15 No. 1 (2021)

POTENSI EKONOMI PEMANFAATAN LIMBAH BATANG PISANG DAN LIMBAH JERAMI JAGUNG SEBAGAI SUBSTRAT DASAR UNTUK PERTUMBUHAN MISELIUM JAMUR TIRAM PUTIH

umrah umrah (Unknown)
I Nengah Suwastika (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako Kampus Bumi Tadulako Tondo Palu, Sulawesi Tengah)
Lina Mahardiana (Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako, Jalan Raya Soekarno–Hatta, Tondo, Palu, 94117, Central Sulawesi, Indonesia.)
Meryany Ananda (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako Kampus Bumi Tadulako Tondo Palu, Sulawesi Tengah)
Novika (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako Kampus Bumi Tadulako Tondo Palu, Sulawesi Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pertumbuhan miselium jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) pada substrat (batang pisang dan batang jagung) telah dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pertumbuhan P. ostreatus pada substrat yang ditambahkan dengan limbah air kelapa dan limbah tempe; (b) karakteristik pertumbuhan P. ostreatus pada perlakuan berbagai jenis substrat. Penelitian ini dirancang berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari enam perlakuan dan empat ulangan. Komposisi dari perlakuan adalah rasio antara batang pisang : batang jagung yaitu P1 (100%), P2 (80%: 20%), P3 (60%: 40%), P4 (40%: 60%), P5 (20% : 80%), P6 (100%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan P6 lebih baik dibandingkan dengan perlakuan lain pada pertumbuhan miselium.

Copyrights © 2021