Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 7, No 2 (2021): July

KAJIAN TEORETIS PENGEMBANGAN FIKSIMINI BERBASIS ECOPRENEURSHIP DALAM KONTESKTUALISASI KARAKTERISTIK SISWA SEKOLAH DASAR

Sani Aryanto (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Rahman Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatat Hartati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fanny Sumirat (Universitas Islam 45 Bekasi)
Dety Amelia Karlina (Universitas Pendidikan Indonesia)
Trivena Trivena (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Berdasarkan hasil global competitive index atau daya saing negara di dunia dinyatakan bahawa Indonesia menghadapi tiga permasalahan di tiga bidang, diantaranya: (1) bidang ekonomi; (2) bidang lingkungan; dan bidang pendidikan dasar. Ecopreneurship dianggap sebagai konsep yang diharapkan mampu mengakomodir permasalahan Bangsa Indonesia selama masa pandemi covid-19 dari prespektif bidang kependidikandasaran, sehingga tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran komprehensif terkait landasan teoretis konsep internalisasi nilai-nilai ecopreneurship dalam fiksimini di Sekolah Dasar. Penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif menunjukan beberapa temuan penelitian yang bersifat konseptual seperti: (1) Hakikat Konsep Ecopreneurship; (2) Konsep Fiksimini; (3) Internalisasi Nilai-Nilai Ecopreneurship Pada Fiksimini; dan (4) Pola Pengembangan Penyusunan Fiksimini berbasis Ecopreneurship yang didasarkan pada hasil analisis penelitian terdahulu dan diinventarisasi menjadi sebuah konsep utuh sebagai dasar pola pengembangan fiksimini berbasis ecopreneurship dalam kontekstualisasi karakteristik siswa SD. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan gambaran konseptual untuk pengembangan peneitian selanjutnya dalam upaya mengembangkan invensi dan inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...