JCE (Journal of Childhood Education)
Vol 5, No 1 (2021): March-Agust

KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MENGHAFAL AL-QUR’AN SECARA DARING

Niharotussadiah Niharotussadiah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nancy Riana (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Proses pebelajaran pada anak usia dini mengalami perubahan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka kemudian dialihkan menjadi daring (dalam jaringan) sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, sehingga berdampak pada hasil pencapaian hafalan anak-anak dan menuntut keterlibatan orang tua dalam mendamping anak belajar menghafal Al-Qur’an di rumah yang mana orang tua memiliki keterbatasan kemampuan dan waktu. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana kolaborasi orang tua dan guru dalam mendampingi anak usia dini 5-6 tahun menghafal AlQur’an secara daring. Karena, peran orang tua saat ini bertambah untuk menjadi guru di rumah, akan tetapi peran guru tidak akan lepas untuk selalu membimbing proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an di rumah secara daring. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan triangulasi data yang diperoleh dari informan dan subjek penelitian. Analisis data dari pengambilan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa keberhasilan kolaborasi orang tua dan guru dalam mendampingi anak usia dini 5-6 tahun dalam menghafal Al-Qur’an secara daring yaitu dipengaruhi oleh faktor komunikasi antara orang tua dan guru secara intens dan partisipatif serta penggunaan media pembelajaran speaker Al-Qur’an untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi dan mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an di rumah, serta pemanfaatan teknologi whatssapp sebagai alat komunikasi antara orang tua, guru dan anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JCE

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JCE - Journal of Childhood Education aims to provide a forum for international researchers on applied Education and Childhood Growth. Our Journal will accept submission from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for ...