Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2021): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMAN 6 PRABUMULIH

Rohana Rohana (Universitas PGRI Palembang)
Yusuf Hartono (Unknown)
Imam Adhitya Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi matematis di SMA Negeri 6 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimental Design dengan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Prabumulih berjumlah 276 siswa yang terdiri 5 kelas XI.MIPA dan 3 XI.IPS pada tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil dengan teknik Cluster Sampling yaitu kelas XI.MIPA.3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan XI.MIPA.1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi matematis siswa Level 3. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi matematis di SMA Negeri 6 Prabumulih.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...