Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1) kesulitan pemahaman membaca teks deskriptif yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2020/2021, 2) faktor kesulitan pemahaman membaca teks deskriptif yang dihadapi. oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Triangulasi digunakan untuk memeriksa keabsahan data . Hasil penelitian ini adalah 1) kesulitan siswa dalam memahami bacaan teks deskriptif sangat buruk dengan skor rata-rata 31,87% persentase salah pada ide pokok 22,93%, salah pada informasi spesifik 15,60%, salah dalam kosakata 26,60%, salah referensi 19,27%, salah menyimpulkan 15,60%. 2) Faktor-faktor kesulitan siswa adalah motivasi siswa dalam membaca pemahaman teks deskriptif sangat rendah, alat bantu belajar siswa sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran, lingkungan belajar siswa sangat berpengaruh terhadap kesulitan membaca siswa.
Copyrights © 2021