JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ DIFFICULTIES ON READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT AT THE EIGHTH GRADE OF SMP NEGERI 2 BARUMUN TENGAH IN 2020/2021 ACADEMIC YEAR

Asriani Hasibuan (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Aprida Irmayana (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Octaviany Siregar (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: 1) kesulitan pemahaman membaca teks deskriptif yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2020/2021, 2) faktor kesulitan pemahaman membaca teks deskriptif yang dihadapi. oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Triangulasi digunakan untuk memeriksa keabsahan data . Hasil penelitian ini adalah 1) kesulitan siswa dalam memahami bacaan teks deskriptif sangat buruk dengan skor rata-rata 31,87% persentase salah pada ide pokok 22,93%, salah pada informasi spesifik 15,60%, salah dalam kosakata 26,60%, salah referensi 19,27%, salah menyimpulkan 15,60%. 2) Faktor-faktor kesulitan siswa adalah motivasi siswa dalam membaca pemahaman teks deskriptif sangat rendah, alat bantu belajar siswa sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran, lingkungan belajar siswa sangat berpengaruh terhadap kesulitan membaca siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...