Jurnal Peternakan (Jurnal of Animal Science)
Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Peternakan (Jurnal of Animal Science)

POTENSI PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG DAN KAMBING KACANG DI KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

Natsir Sandiah (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonoho, Kendari, Sulawesi Tenggara.)
Muhammad Amrullah Pagala (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonoho, Kendari, Sulawesi Tenggara.)
Deki Zulkarnain (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonoho, Kendari, Sulawesi Tenggara.)
Laode Muh Munadi (Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonoho, Kendari, Sulawesi Tenggara.)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Pengembangan ternak sapi potong dan kambing merupakan komoditas strategis dalam mendukung ketahanan pangan sekaligus penyedia kebutuhan protein asal ternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan ternak sapi potong dan kambing kacang di Kabupaten Konawe Kepulauan dengan menggunakan analisis LQ (Location Quotient) dan analisis kapasitas tampung ternak sedangkan data yang digunakan bersumber dari data sekunder yang dikumpulkan dari berbagai sumber untuk mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat tiga (3) kecamatan yang merupakan basis pengembangan ternak sapi potong yaitu Kecamatan Wawonii Selatan, Kecamatan Wawonii Tengah, dan Kecamatan Wawonii Timur. Sedangkan, untuk pengembangan ternak kambing kacang terdapat tiga (3) kecamatan yaitu Kecamatan Wawonii Tenggara, Wawonii Utara, dan Kecamatan Wawonii Timur Laut dengan total kapasitas tampung ternak sapi potong 942 dan kambing kacang 13.814 satuan ternak (ST).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

peternakan

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Jurnal Peternakan (Jurnal of Animal Science) menginformasikan hasil penelitian asli dan telaah pustaka dalam bidang peternakan meliputi : produksi, nutrisi, pengolahan hasil, pengolahan limbah, kesehatan ternak dan hijauan pakan ternak yang belum dan tidak akan dipublikasikan di tempat lain. Terbit ...