JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Pengunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Baeti, Nur (Unknown)
Mikrayanti, Mikrayanti (Unknown)
Mutmainah, Mutmainah (Unknown)
Silviana, Dewi (Unknown)
Sartika, Dewi (Unknown)
Muchlis, Muchlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan control group pretest and posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Bima. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 8 Kota Bima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...