JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Moral Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang Menurut Persepsi Siswa

Futriyani, Futriyani (Unknown)
Gistituati, Nurhizrah (Unknown)
Irsyad, Irsyad (Unknown)
Al-Kadri, Hanif (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai moral kerja guru di SMKN 4 Padang menurut persepsi siswa yang dilihat dari semangat guru dalam mengajar, kedisiplin guru dalam mengajar, dan Tanggung Jawab guru terhadap tugas yang diembannya. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Siswa kelas XI SMKN 4 Padang merupakan populasi dalam penelitian ini dengan jumlah siswa sebanyak 353 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, dengan estimasi tingkat kesalahan 10% yaitu 81 orang. Penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan model skala Likert. Kuesioner yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap SMKN 4 Padang dilihat dari aspek 1) semangat guru dalam mengajar berada pada kriteria baik dan tingkat ketuntasan mencapai 83,62%, 2) disilin guru dalam mengajar berada pada kriteria baik dan tingkat pencapaian skor 81,92%, 3) tanggung jawab dalam kategori baik dan tingkat pencapaiannya adalah 80,97%, sehingga disimpulkan bahwa moral kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang menurut persepsi siswa berada pada kategori tinggi sebesar TCR 82,17%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...