JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Keefektifan Metode Field Trip Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V MI Nurul Islam Ganti Tahun Pembelajaran 2021-2022

Hamdi, Zulfadli (Unknown)
Ningsih, Nita Rahayu (Unknown)
Irfan, M. (Unknown)
Husni, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode field trip dalam keterammpilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V MI Nurul Islam Ganti. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian eksperimen dan desian penelitian One Grup Preettest Posttest. Sampel penelitian ini siswa kelas V yang berjumblah 20 siswa. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpula data berupa tes. Seblum data di analisis, instumen diuji validitas dan reabilitas. Kemudian dilakukan analisis hasil preetest dan posttest. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti dalam penelitian. Hasil data preetest memperoleh nilai rata-rata 65. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata menjadi 78 dengan. Untuk uji normalitas data menggunakan chi-kuadrat, sedangkan uji hipotesis mengunakan analisis uji t-tes untuk hasil uji hipotesisi diperoleh thitung > ttabel yaitu 14,376 > 1,729. Kesimpulan dari penelitian ini adanya penerapan metode field trip memiliki pengaruh terhadap keterapilan menulis karangan deskripsi pada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...