Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2021)

Model Pembelajaran Sains dan Matematika pada Anak Usia Dini Menggunakan Pendekatan MELESAT dan Teknik Loose Parts

Budi Susetyo (Unknown)
Masitowati Gatot (Unknown)
. Mufarihah (Unknown)
. Suriyani (Unknown)
Ida Royani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Pembelajaran sains berbasis projek dengan muatan MELESAT menggunakan loose parts menjadi pilihan sebagai model pembelajaran untuk anak usia dini membangun pengetahuan baru, dengan pola pikir sains anak semakin mengenal Al-Khaliq, mengeksplorasi hal-hal baru, kreatif, inovatif, berpikir out of the box, bersifat adaptif terhadap lingkungan, mampu menghasilkan karya dan dapat mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan yang berhubungan dengan dunia nyata. Salah satu cara untuk pembelajaran sains yang lebih konstruktif dan bermakna adalah melalui pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan komponen MELESAT menggunakan loose parts sebagai bahan main yang bersifat terbuka. Melalui partisipasi berkelanjutan dalam berbagai kegiatan bermain di kelas dan di luar kelas, anak-anak terlibat aktif dalam dialog yang kaya pola berpikir sains dengan memanfaatkan keterampilan proses sains yang kompleks dan abstrak seperti mengamati, menanya, mengobservasi, memprediksi, mengevaluasi, dan membandingkan.  Diskusi dengan anak saat proses pembelajaran tentang konsep berpikir sains terkait matematika, eksistensi, literasi, enggineriing, sains, seni dan teknologi melebur dengan penguatan coaching oleh guru kepada anak selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini membuahkan kesimpulan bahwa dengan bimbingan guru yang tepat, proses pembelajaran memberikan banyak sekali kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan abad 21 sebagai bekal hidup anak di kemudian hari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...