Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan kemampuan awal siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak tiga orang siswa SMP kelas VIII di kabupaten Bekasi yang telah dipilih secara purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jawaban siswa yang merujuk pada keenam indikator kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Facione dan melakukan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu inference, sedangkan siswa 2 dan 3 mampu memenuhi empat indikator yaitu interpretation, analysis, evaluation, dan inference. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat diperkuat dengan hasil wawancara pada siswa yang menunjukkan bahwa ketiga siswa memiliki kemampuan awal yang rendah. Kata-kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan awal, SPLDV.
Copyrights © 2021