MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

Anita Anita (Unknown)
Ramlah Ramlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan kemampuan awal siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak tiga orang siswa SMP kelas VIII di kabupaten Bekasi yang telah dipilih secara purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jawaban siswa yang merujuk pada keenam indikator kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Facione dan melakukan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu inference, sedangkan siswa 2 dan 3 mampu memenuhi empat indikator yaitu interpretation, analysis, evaluation, dan inference. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat diperkuat dengan hasil wawancara pada siswa yang menunjukkan bahwa ketiga siswa memiliki kemampuan awal yang rendah. Kata-kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan awal, SPLDV.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...