Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru dan bagaimana cara guru dalam penguatan karakter siswa sekolah dasar pada proses belajar dari rumah (Learning From Home) kelas V SD Negeri 19 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas V yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data, verivikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru yang dilakukan sudah maksimal meliputi keteladanan, motivator, fasilitator dan evaluator dan; 2) karakter siswa sudah menjadi lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran guru kelas V dalam penguatan karakter siswa sekolah dasar pada proses belajar dari rumah sudah dilakukan dengan baik sehingga karakter religius, disiplin dan tanggung jawab sudah menjadi lebih baik.Kata Kunci: Peran Guru, Belajar dari Rumah (Learning From Home), SD
Copyrights © 2021