QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama
Vol 13 No 2 (2021): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama

Konsep Pendidikan Rasulullah dan Refleksi Kompetensi Holistik Sahabat

Zulherma Zulherma (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Tafiati Tafiati (Unknown)
Sumiarti Sumiarti (Unknown)
Novizal Wendry (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan berlatar belakang mendalami studi tentang peran Rasulullah sebagai seorang edukator atau pendidik. Penelitian memiliki tujuan untuk menemukan bagaimana Rasulullah berperan sebagai pendidik yang dianalisis dari prestasi-prestasi dalam kehidupan para sahabat yang menjadi murid Rasulullah dan telah didik secara holistik, dengan mengajarkan pendidikan dengan strategi, metode dan kurikulum yang bersumber dari Allah, sehingga kompetensi daya pikir (head), kecekatan (hand) dan hati (heart) menjadi maksimal dan secara holistik menjadi kemampuan bagi murid-muridnya. Metode penelitian ini adalah studi pustaka, peneliti melakukan studi terhadap sejumlah referensi terkait buku-buku, jurnal-jurnal, maupun bacaan yang berbasis dengan studi ini, terutama menganalisis berbagai referensi-referensi terkait Rasulullah sebagai pendidik dan berbagai prestasi para sahabat, yang namanya tercantum dalam salah satu hadis. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa adanya kompetensi holistik dalam praktik kehidupan para sahabat dan Rasulullah merupakan seorang guru yang telah mendidik muridnya dengan kemampuan menyeluruh yang terefleksi dalam berbagai prestasi sahabat dalam mereka menjalani kehidupannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

qalamuna

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Qalamuna merupakan jurnal ilmiah lintas tema sebagai integrasi pendidikan, sosial dan agama yang terbit dua kali dalam setahun. Jurnal yang terbit pertama kali tahun 2006 merupakan media pemikiran kritis intelektual para civitas akademika yang mengali, meneliti dan mempublisikasi sebagai karya yang ...